Rosella

Rosella dalam bahasa ilmiah disebut juga Hisbiscus Sadbariffa, rosella yang juga memiliki nama lainnya seperti asam paya, asam kumbang dan asam susur. Rosella merupakan spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Dahulu tanaman rosella ini hanya dijadikan sebagai tanaman hias biasa diperkarangan rumah, kemudian penduduk di benua Afrika mulai memanfaatkan bunga rosella sebagai suatu hidangan minuman penghangat di musim dingin. Sejak saat itu rosella kemudian dikembangkan menjadi bentuk selai dan jeli yang diperoleh dari serat yang banyak terkandung di dalam kelopak bunga rosella. Tak hanya di Afrika, dibeberapa negara lain juga banyak memanfaatkan rosella, seperti :

a. Di Jamaika, rosella dibuat menjadi salad buah yang dimakan mentah. Selain dijadikan salad buah, rosella juga dimakan dngan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue yang terlebih dahulu dimasak dengan gula.

b. Di Sudan, rosella dimanfaatkan sebagai suatu sajian minuman sehari-hari yang dimasak dengan campuran sedikit garam, merica dan tetesan air tebu. Memanfaatkan rosella yang memang sudah banyak digunakan sejak dulu memiliki manfaat sebagai minuman untuk mencegah batuk, menghilangkan efek dari rasa mabuk, bunga yang diolah menjadi minuman menyehatkan ini dapat membantu bagi seseorang yang sedang menajalani program diet, penderita diabetes yang pemanfaatannya sama dengan gula jagung. Biji rosella yang dibuat menjadi bubuk dapat digunakan sebagai campuran dalam secangkir kopi nikmat.

Gambar : Tanaman Rosella

Di Indonesia dan di Austrsalia teteap dikenal sebagai rosella atau rosella fruit. Sedangkan beberapa negara lain rosella dikenal sebagai :
- Cannaibus Hibiscus yang juga dikenal sebagai mesta/meshta di India, Tengamora di Assam, Gongura dalam bahasan telugu, Pundi di Kannada, LalChatni atau kutrum di Mithila, Mathipuli di Kerala
- Dagu baung di Myanmar
- Krajeab di Thailand
- Bissap di Senegal, Guinea Bissau, Mali, Burkina Faso, Ghana, Benin, Niger, Kongo dan Perancis.
- Dah atau dah bleni dari Mali
- Wonjo di Gambia
- Zobo di Barat Nigeria
- Zoborodo di Nigeria Utara
- Chaye-Torosh di Iran
- Karkade
- Karkade oleh bangsa Arab seperti di Mesir, Arab Saudi dan Sudan
- Omutete di Namibia
- Sorrel di Karibia dan di Amerika Latin
- Flor de Jamaica di Meksiko
- Saril di Panama
- Rosela, rosella, roselle, asam paya atau asam susur di Malaysia
- Luo Shen Hua oleh Bangsa Cina
- Rosella di Zambia dalam bahasa cibemba disebut lumanda, katolo dalam bahasa kikaonde dan wusi dalam bahasa chilunda

Rosella banyak diproduksi oleh Cina, Sudan dan Thailand yang merupakan negara terbesar dalam pemasok rosella ke seluruh negara. Namun pemasok rosella terbesar dipegang oleh negara Thailand yang berani berinvestasi dalam memproduksi rosella. Hal ini didukung oleh kualitas rosella dari Thailand memiliki mutu dan kualitas terbaik, meskipun Cina dan Sudan termasuk negara penghasil rosella terbesar namun kualitas rosella dari kedua tersebut masih dibawah Thailand.

Sebenarnya Sudan juga dapat disebut sebagai negara dengan produksi terbaik dari rosella namun karena kurang didukungnya kunatitas yang dihasikan setiap panen rosella sehingga pasokan rosella rendah, pengolahan dan perawatan yang masih kurang memadai begitu pula dengan Cina yang produksi rosella nya kurang unggul dan kurang dipercaya akan kualitas dari rosella itu sendiri.

Tak hanya di Thailand, Cina dan Sudan yang memproduksi rosella. Rosella yang penyebarannya hampir diseluruh pelosok negara Asia dan negara lainnya seperti di Mesir, Meksiko, Senegal, Tanzania, Mali dan Jamaika sudah mulai memproduksi tanaman rosella namun lebih sering untuk dikonsumsi oleh penduduk mereka sendiri tidak untuk diekspor. Tak hanya di negara-negara tersebut kini di Indonesia rosella juga mulai dikembangkan dan dibudiyakan yang kualitasnya tak kalah dari Thailand.

Di Indonesia tanaman rosella dibuat dan diolah menjadi berbagai macam pangan muali dibuat sebagai jamu, obat tradisional, sirup, panganan kue, teh, dan beberapa manfaat lainnya yang dapat diolah dari tanaman rosella ini. Umumnya yang banyak dimanfaatkan dari tanaman rosella adalah bunga, kelopak bunga dan biji dari rosella. Seluruh bagian bunga hingga kelopak bunga memiliki serat yang cukup tinggi, bunga rosella yang telah berkembang dan besar kemudian dikeringkan dan diolah menjadi sirup, the, campuran secangkir kopi, selai, jeli, obat dll.


=====================================

>>> Jual Teh Rosella Untuk Mencegah Penuaan Dini & Mencegah Osteoporosis, Memperlambat Menopause dan Menurunkan Tekanan Darah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Rosella and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>