Kandungan Rosella

Tanaman rosella yang memiliki nama ilmiah Hibiscus sabdariffa yang merupakan spesies dari tanaman genus Hibiscus. Tumbuhan rosella mudah tumbuh hingga mencapai ketinggian 2,5 meter. Tumbuhan rosella yang paling banyak dimanfaatkan adalah kelopak bunga yang bunganya bewarna merah. China dan Thailand merupakan negara penghasil rosella terbesar di dunia. Tanaman rosella yang kini telah banyak dimanfaatkan menjadi salah satu obat dan paganan berbagai bentuk, ternyata memiliki kandungan senyawa ilmiah dari tiap bagian tanaman rosella ini, berikut uraian komponen senyawa yang dimiliki dari tiap bagian tanaman rosella yang telah banyak dimanfaatkan, adalah :

1. Bunga rosella, memiliki kendungan senyawa alamiah yakni, antosianin dan protocatechuic acid serta diperkaya dengan kandungan vitamin C dan Betakaroten, yang menyimpan banyak manfaat dan khasiat sebagai :
- Penurun tekanan darah tinggi
- Pengendali kolesterol
- Menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
- Detoksifikasi yang bekerja efektif untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh
- Mengobati panas dalam
- Mengobati sembelit
- Mengendalikan lemak dari berbagai jenis makanan
- Mengontrol berat badan
- Dapat menghaluskan kulit
- Mengatasi gangguan asam urat
- Obat anti kejang
- Mengobati cacingan
- Obat anti bakteri

2. Kelopak bungan rosella, memiliki kandungan senyawa alamiah yakni, flavonoid yang terdiri dari gosipetin, hibisetin, dan sabdretin.

3. Rosella juga memiliki kandungan senyawa lainnya seperti, delfinidin 3-monoglukosida, sianidin 3-monoglukosida (krisantenin), dan delfinidin.

Sedangkan pada daun dari tanaman rosella dapat digunakan, untuk :

- Mengobati kaki yang pecah-pecah karena kutu air
- Dapat menyembuhkan luka pada kulit

Selain kandungan senyawa di atas tanaman rosella memiliki sekelompok komponen gizi dan nutrisi dalam tiap 100gr ekstra rosella, diantaranya :

Gambar : tabel kandunugan tanaman rosella

Maka tak heran kini rosella menjadi sebagai salah satu produk herbal yang menjadi unggulan yang dibuat sedemikian rupa mulai dari jamu, minuman kesehatan, minuman keluarga, sirup, beberapa jenis makanan olahan dari bunga rosella, obat herbal dengan segudang manfaat dsb. Rosella yang sudah dimanfaatkan sedemikian rupa juga dapat dinikmati dari berbagai kalangan usia dari mulai anak-anak sampai orang dewasa, karena senyawa aktif dan alaminya tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan fungsi organ tubuh dan kesehatan fisik lainnya.

Berikut salah satu contoh pemanfaatan rosella yang dibuat menjadi sirup yang menyegarkan yang tak kalah nikmatnya dari sirup-sirup yang sering kita minum yang banyak dijual dengan berbagai jenis rasa dan merk.

a. Sajian kelopak bunga rosella untuk minuman hangat

Bahan yang diperlukan :

1. Siapkan 3-5 kelopak bunga rosella ukuran besar, cuci bersih
2. Kemudian rebus kelopak bunga rosella tersebut dengan ukuran 1 gelas air, sambil diaduk hingga air berubah warna menjadi merah, kemudian sambil ditambahkan gula pasir atau madu secukupnya sampai terasa cukup manis, aduk rata sampai mendidih.
3. Angkat tunggu hingga suam-suam kuku (hangat), kemudian saring dan sajikan dalam keadaan hangat atau dapat ditambahkan es batu sesuai selera.

b. Sajian bunga rosella untuk dijadikan sirup 900ml

Bahan yang diperlukan :

1. 1 ons kelopak bunga rosella yang sudah kering
2. 2 kg gula pasir
3. 1 liter air

Cara membuat :

1. Masukkan 1 ons kelopak bunga rosella kering dalam 1 liter air kemudian masak hingga mendidih sambil masukkan 2 kg gula pasir aduk sampai merata
2. Masak dengan api sedang, tunggu kembali hingga mendidih kurang lebih selama 20 menit
3. Kemudian angkat dan saring.
4. Ampas yang masih tersisa masih dapat dibuat kembali untuk membuat manisan rosella
5. Sirup yang telah jadi, dapat dijadikan sebagai sajian minuman yang menyegarkan ditengah kehangatan keluarga.
6. Sisa ampas dari rebusan bunga rosella hanya dapat digunakan sebanyak 2 kali saja.


=====================================

>>> Jual Teh Rosella Untuk Mencegah Penuaan Dini & Mencegah Osteoporosis, Memperlambat Menopause dan Menurunkan Tekanan Darah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Rosella and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>